Senin, 10 Februari 2014

Doa-Doa Sunnah

Salah satu contoh cerita yang sangat termasyur. Dari Abu Sa'id Al-Khudri r.a. diriwayatkan bahwa pada suatu hari Salah satu contoh cerita yang sangat termasyur. Dari Abu Sa'id Al-Khudri r.a. diriwayatkan bahwa pada suatu hari Rasulullah SAW memasuki masjid. Tiba-tiba ada seorang pemuda yang sudah duduk lama di dalam masjid, pemuda itu bernama Abu Umamah. Rasulullah SAW bertanya kepadanya : "Wahai Abu Umamah, mengapa aku melihatmu duduk di masjid pada waktu-waktu di luar shalat?" Abu Umamah menjawab, "Aku sedang dilanda kesusahan dan dililit hutang-hutang wahai Rasulullah." Rasulullah kemudian bersabda kepadanya, "Ketauhilah aku akan mengajarkan kepadamu ucapan yang apabila engkau mengucapkannya, maka Allah SWT akan menyingkirkan kesedihan dan membayarkan hutang-hutangmu. Ucapkanlah pada waktu pagi dan sore."

Ų§Ł„Ł„َّŁ‡ُŁ…َّ Ų„ِŁ†ِّŁŠ Ų£َŲ¹ُŁˆŲ°ُ ŲØِŁƒَ Ł…ِŁ†ْ Ų§Ł„ْŁ‡َŁ…ِّ ŁˆَŲ§Ł„ْŲ­َŲ²َŁ†ِ ŁˆَŲ£َŲ¹ُŁˆŲ°ُ ŲØِŁƒَ Ł…ِŁ†ْ Ų§Ł„ْŲ¹َŲ¬ْŲ²ِ ŁˆَŲ§Ł„ْŁƒَŲ³َŁ„ِ ŁˆَŲ£َŲ¹ُŁˆŲ°ُ ŲØِŁƒَ Ł…ِŁ†ْ Ų§Ł„ْŲ¬ُŲØْŁ†ِ ŁˆَŲ§Ł„ْŲØُŲ®ْŁ„ِ ŁˆَŲ£َŲ¹ُŁˆŲ°ُ ŲØِŁƒَ Ł…ِŁ†ْ ŲŗَŁ„َŲØَŲ©ِ Ų§Ł„ŲÆَّŁŠْŁ†ِ ŁˆَŁ‚َŁ‡ْŲ±ِ Ų§Ł„Ų±ِّŲ¬َŲ§Ł„ِ


"Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazani wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzubika minal jubni wal bukhli wa a'udzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijali"

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia." Kata Abu Umamah radhiyallahu 'anhu: "Setelah membaca do'a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas semua hutangku." (HR Abu Dawud 4/353)

Doa ampuh yang diajarkan Nabi shollallahu ’alaih wa sallam kepada Abu Umamah radhiyallahu ’anhu merupakan doa untuk mengatasi problem hutang berkepanjangan. Di dalam doa tersebut terdapat beberapa permohonan agar Allah ta’aala lindungi seseorang dari beberapa masalah dalam hidupnya. Dan segenap masalah tersebut ternyata sangat berkorelasi dengan keadaan seseorang yang sedang dililit hutang.

0 komentar:

Posting Komentar